Kamis, 16 Juli 2020

MENCIPTAKAN JATI DIRI ANAK

Cara pandang ini akan mempengaruhi cara dia bersikap, menentukan cita-cita dan melejitkan pekerjaannya kelak. Yang sangat menentukan pembentukan konsep diri anak adalah orang tua, jika orang tua salah maka bisa sulit. Contoh sikap yang membuat hambatan dalam membentuk konsep diri di antaranya mudah memberi label pada anak.
Misalnya, anak malas bangun untuk makan, orang tua memberi label pemalas. Saat anak tidak maksimal dalam pelajaran matematika di sekolahnya, orang tua men-judge anaknya tidak bisa, padahal anak pasti mempunyai kelebihan dalam bidang lain. Kesalahan penyampaian kepada anak ini menjadi penghambat dalam pembentukan konsep diri. Salah dalam berkomunikasi bisa membuat salah persepsi pada anak, sehingga harus disampaikan dengan cara yang lebih baik.

orang tua harus menjalin komunikasi yang sehat dengan anak. Orang tua harus mau mendengarkan anak, memberikan contoh dan keteladanan pada anak. Kalau konsep diri pada anak sudah terbentuk, sambung ia, anak bisa melejitkan bakatnya sehingga lebih mudah dalam menggapai cita-citanya. Rasa percaya dirinya pun akan meningkat.
Jadi pendidikan dalam keluarga itu bukan tanggung jawab seorang ibu saja, tapi juga tanggung jawab ayahnya sehingga perlunya sinergi antara ayah dan ibu dalam pola asuh anak.




SUNDOYO MC PACITAN

 SUNDOYO MC. Master of Ceremony Adress : DS Pagerkidul Kec Sudimoro Kab Pacitan Peran dan tugas MC 1. Menata mengondisikan mengendalikan jal...